Kominfo memblokir Tumblr

Portal Aktual. Kementerian Komunikasi dan Informasi untuk kesekian kalinya memblokir situs Tumblr. Konten asusila adalah alasan Kemenkominfo mengambil langkah tersebut.
Pelaksana tugas Kepala Humas Kominfo Noor Iza menjelaskan bahwa pihaknya mendapat keluhan dari masyarakat tentang konten negatif di Tumblr. Setelah memeriksa, mereka menemukan adanya akun asusila di sana.

“Setelah pencarian, ditemukan ada lebih dari 360 akun asusila,” kata Noor Iza kepada Reporter, Selasa (6/3).
Namun penyebab Kemenkominfo memutuskan untuk memblokir adalah jawaban tidak adanya respon Tumblr. Mereka juga dicurigai tidak memiliki mekanisme memblokir konten negatif seperti yang diminta oleh pemerintah.

Noor mengklaim telah menghubungi Tumblr dalam 2×24 jam tetapi tidak ada tanggapan.
“Setelah itu kami mengumpulkan DNS terkait, kami hanya meminta ISP (penyedia layanan internet) untuk memblokir,” tambah Noor.
Pemblokiran resmi berlangsung pada Senin (5/3) sore kemarin. Setidaknya ada delapan DNS milik Tumblr yang aksesnya ditutup oleh Kemenkominfo.

Pemblokiran Tumblr tidak hanya terjadi sekali ini. Pada 2016, pemerintah melakukan hal yang sama. Alasannya sama bahwa Tumblr dianggap mengandung konten pornografi yang melanggar peraturan perundangan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PRABOWO : INDONESIA FIRST, MAKE INDONESIA GREAT AGAIN

MEREKA MENGAKUI ADA KEBOCORAN , UANGNYA DARI MANA?

APHA segera dapat kuasa hukum dari Suku Amungme